Translate :
 
 
 
 
 
 
 

VARIETAS PISANG

VARIETAS UNGGUL PISANG
1. Ketan 01
Keunggulan spesifik
Perawakan tanaman ramping dan pendek, umur genjah, jumlah anakan 3-5 batang mampu berbunga dan masak serempak. Karakter-karakter itu menjamin produktivitas yang tinggi dengan jarak tanam rapat.
Buah enak dikonsumsi segar maupun olahan. Apabila digoreng atau bentuk olahan lainnya, daging terasa pulen agak lengket mirip nasi ketan. Karakter ini pula yang membuat buah pisang varietas Ketan ini dapat dijadikan bahan baku nasi goreng pisang.

Diskripsi
Umur berbuah 6 bulan, umur panen 3 bulan setelah bunga. Kadar gula 24%, kadar tepung 86,5, vitamin C (mg/ 100 g) 5 dan kadar air 59%. Citarasa sangat enak. Daya simpan 15 hari.

2. Raja Siem
Keunggulan spesifik
Perawakan tanaman tanaman ramping, berumur genjah, jumlah anakan banyak, kadar tepung tinggi dan kandungan vitamin A serta kalori yang lebih tinggi daripada kepok lain. Varietas ini potensial untuk dijadikan sebagai bahan baku tepung pisang.

Diskripsi
Umur berbuah 278 hari setelah tanam, umur panen 117 hari setelah bunga. Jumlah buahper tandan 112, jumlah per sisir 14-16, bobot sisir 11,5 kg. Kadar gula 27%, tekstur daging berserat. Kalori (kal/100 g) 120,5, kadar tepung 79,8 g, vitamin C (mg/100 g) 5,1, vitamin A (SI) 712. Citarasa manis, daya simpan 15 hari.

3. Kepok Tanjung
Keunggulan spesifik
Varietas Kepok Tanpa Jantung ini dilepas 2007 dengan nama Kepok Tanjung, sebagai kependekan dari tanpa jantung. Sudah dapat diterka, salah satu keunggulannya adalah tidak mempunyai jantung. Dengan demikian tidak diperlukan lagi pekerjaan membuang jantung seperti pada tanaman pisang pada umumnya dalam rangka mencegah penularan penyakit layu bakteri secara alami yang disebarkan oleh serangga. Selain itu, tidak seperti pisang kapok lainnya yang terasa asam, varietas ini manis dengan kandungan total padatan terlarut (TSS) sebesar 2930% Brix. Inilah, salah satu bukti, bahwa Indonesia adalah negara mega diversity untuk buah-buahan tropika. Varietas Kepok Tanjung berasal dari Pulau Seram, tepatnya di Desa Makariki, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Diskripsi
Bobot buah pertandan 15-25 kg, jumlah sisir per tandan -17, jumlah buah per sisir 13-18, jumlah buah per tandan 150-250, panjang buah 10-17 cm, diameter buah 3,0-5,0 cm, warna kulit buah matang kuning, warna daging buah matang kuning orange, tekstur buah kenyal, bobot satu buah 125-170 g, cita rasa daging buah manis (pisang olah), daya simpan pada suhu kamar 15-21hari, dan potensi hasil per ha/tahun 20-30 ton.

4. Raja Kinalun
Keunggulan spesifik
Varietas pisang Raja Kinalun, yang baru dilepas 2007, mempunyai keunggulan spesifik lebih tahan terhadap penyakit layu bakteri dan fusarium. Dengan demikian, jika Anda tidak atau lupa memotong jantung pisang ini, tidak beresiko terlalu tinggi terinfeksi penyakit layu bakteri maupun fusarium. Daya simpan cukup lama (24 hari) dan potensial sebagai bahan baku industri tepung pisang.

Diskripsi
Bobot buah pertandan 12-18 kg, jumlah sisir per tandan 8-9, jumlah buah per sisir 12-14, jumlah buah per tandan 100-105, panjang buah 10-14 cm, diameter buah 3,5-4,5 cm, tekstur buah kenyal, bobot satu buah 95-120 g, cita rasa daging buah manis (pisang olah), TSS 23,5-24,0oBrix, dan potensi hasil per ha/tahun 15-20 ton.

5. Pisang serap (noe. Musa texstiles)
pisang serat adalah tanaman pisang yang tidak diambil buahnya tetapi diambil seratnya. Pada awal abad 16, pigatotta menerangkan bahwa penduduk asli daerah cebu, Filipina., memanfaatkan serat pisang manila ini untuk bahan pakaian. Karenanya pisang ini dinamakan musa tekstilis.

Batangnya merupakan batang semu yang terbentuk dari upih-upih daun yang saling menutupi. Tingginya mencapai 7m dengan daun berbentuk lanset warnanya hijau. Bunganya seperti pisang berbentuk buah jorong yang berkulit tebal, tetapi tidak dapat dimakan. Biiji buah hitam bulat kecil keras seperti biji randu. Pisang ini disebut juga pisang manila karena diduga berasal dari manila. Pengembangan juga kerap dilakukan di daerah ini antara lain di India, guantemala, Honduras. Di Indonesia juga dikembangkan tetapi kurang berhasil.
Berdasarkan iklimnya, tumbuhan ini adalah tumbuhan tropika yang menghendaki udara yang panas dan agak lembab. Tanaman ini biasanya tumbuh di dataran rendah samapai ketinggian 500 meter dari permukaan air laut. Tanah yang cocok adalah tanah lempung yang akan gembur dan kaya kandungan humus. Pisang ini mudah rebah oleh tiupan angina yang keras dan juga peka terhadap genangan air.

Cara memperbanyak tanaman ini bias dilakukan dengan biji, anakan, maupun akar tinggalnya, akan tetapi dalam upaya budidaya jarang digunakan biji untuk meperbanyaknya.

Tanaman ini siap dipanen bila kuncup bunga telah keluar. Artinya siap dipotong untuk diuambil seratnya. Serat yang diperoleh adalah serat yang kuat, tahan terhadap air (air tawar maupun air laut). Serat ini cocok dipakai sebagai tali dikapal laut, tali tambang, dan tal;I untuk kail. Juga bias dipintal atau dibuat anyaman untuk ayunan, sandal dan lain-lain.

6. Pisang hias (heliconia indica lamek)
Pisang hias juga tidak diambil buahnya. Tumbuhan ini memang bagus sekali ditanam dimuka rumah sebagai hiasan. Pisang ini diperbanyak dengan mengggunakan anakanaya. Pisang hias dibagi 2 yaitu pisang kipas dan pisang-pisangan. Disebut pisang kipas karena bentuknya seperti kipas. Nama lain pisang kipas adalah pisang madagaskar (diduga berasal dari daerah madagaskar). Sedang pisang-pisangan bverbatang semu yang kecil-kecil dan tumbuh berumpun indah ditanam dimuka rumah karena bentuknya kecil.

7. Pisang buah (musa paradisiacal L.)
Pisang jenis ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena banyak ditemui. Pisang buh dapat dibedakan menjadi 4 golongan. Golongan pertama adalah yang dapat dimakan langsung setelah masak, misalnya pisang kepok, pisang jus susu, pisang hijau, pisang emas, pisang raja, dan sebagainya.

Golongan kedua dapat dimakan setelah diolah terlebih dahulu, misalnya pisang tanduk, pisang oli, pisang kapas, pisang bangkahulu, dan sebagainya. Golongan ketiga adalah pisang yang dapat dimakan langsung setelah masak maupun diolah dahulu, misalnya pisang kepok dan pisang raja. Sedangkan golongan keempat adalah pisang yang dapat dimakan sewaktu masih mentah. Pisang ini adalah pisang kelutuk(pisang batu) biasanya pisang ini dibuat rujak sewaktu masih muda dan rasanya sepet.

8. Pisang raja uli
Pisang raja uli dikenal sebagai pisang olahan warna kulit buah kunig cerah dan daging buah putih. Buahnya berasa manis dan beraroma harum. Setiap tandannya terdiri dari 5-8 sisir buah dengan berat setiap sisir kurang lebih 1620 g. beratnya buah 120 g. panjang buah 18 cm, dan lingkar buah 13 c,. pisang ini sangat enak jika direbus atau digorang.

9.Pisang raja kul
Setiap tandan dari pisang yang panjangnya 32 cm ini terdapat 16b sisir buah setiap sisir terdapat 15 buah. Bentuk buah lurus dengan panjangnya 8 cm, diameter 3,1cm, berat 40 g dan tebal kulit 0,3 cm. dagin buah berwarna kuning tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 14 bulan. Dan buah akan masak 5 bulan kemudian.

10. Pisang kepok
Pisang kepok di Filipina dikenalsebagai pisang saba, sedang di Malaysia dikenal dengan nama pisang nipah. Buahnya enak dimakan setelah diolah terlebih dahulu. Bentuk buahnya agak pipih sehingga kadang disebut pisang gepeng. Berat per tandan dapat mencapai 14-22 kg dengan jumlah sisir 10-16, setiap sisir terdiri dari 12-20 buah. Bila matang warna kulit buahnya kuning penuh.

Pisang kepok banyak jenisnya. Yang terkenal antara lain pisang kepok kuning. Pisang kepok putih warna dagingnya putih dan pisang kepok kuning warna dagingnya kuning.pisang kepok kuning mempunyai rasa yang lebih enak disbanding pisang kepok putih. Karenanya, pisang kepok jenis kuning lebih disukai.

11. Pisang tanduk
Pisang tanduk ukuran buahnya besar dan bentuknya menyerupai tanduk. Oleh karenanya, dikenal dengan nama pisang tanduk. Bila matang warna kulit buahnya cokelat kemerahan dan berbintik-bintik. Warna daging buahnya putih kemerahan. Pisang jenis ini cocok untuk olahan. Berat setiap tandanya 7-10 kg terdiri dari tiga sisir dan setiap sisirnya 10 buah.

12. Pisang mas
Pisang ini bentuk buahnya kecil-kecil dengan panjang 8-12 sm dan diameternya 3-4 cm. Berat per tandanya 8-12 kg terdiri dari 5-9 sisir. Setiap sisirnya 14-18 buah. Pisang mas bila matang berwarna kuning cerah. Kulit buahnya tipis, rasanya sangat manis, dan aromanya kuat. Konon pisang mas dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning.

13.Pisang kapas
Pisang kapas hanya cocok untuk olahan. Pada saat matang warna kulit buahnya kuning berbintik-bintik hitam. Warna daging buahnya putih kekuningan, rasanya manis, dan aromanya kurang. Berat tiap tandan 17,5 kg, jumlah sisir 7, dan jumlah buah tiap sisir 15 buah. Panjang buahnya 6 cm dengan kulit buah tebal.

14. Pisang kidang
Pisang kidang kulitnya berwarna merah jingga agak ungu dan daging buahnya putih. Rasanya manis dan aromanya harum. Pisang ini dimakan sebagai buah segar. Setiap tandanya terdiri dari 5-7 sisir dan setiap sisir terdiri dari 12-13 buah. Berat per sisir 1.150 gr dan berat setiap buah 120 gr. Panjang buah 13 cm dan lingkar buah 12 cm.

15.Pisang lampung
Pisang jenis ini mirip pisang mas. Perbedaanya terletak pada ujung buahnya. Pisang lampung ujung buahnya lancip sedangkan pisang mas ujung buahnya tumpul. Setiap tandan terdiri dari 6-8 sisir dan setiap sisir terdiri dari 18-20 buah. Berat setiap sisir 940 gram, berat setiap buah 50 gr. Panjang buah 9 cm dan lingkar buah 10,5 cm. warna kulit buah kuning penuh dan warna daging buah putih kemerahan. Rasa buahnya manis dan aromanya harum. Pisang lampung disajikan sebagai hidangan segar. Sayangnya jenis pisang ini mudah sekali rontok dari sisirnya.

16. Pisang tongkat langit
Jenis pisang ini banyak ditanam di daerah maluku. Bentuknya khas dengan tandan buahnya menuju keatas. Oleh karenanya pisang ini disebut pisang tongkat langit. Warna kulit buahnya merah jingga dan warna daging buahnya putih kuning. Konon pisang ini sangat mujarab untuk menyembuhkan penyakit kuning. Berat per sisir 1.200 gram dan berat setiap buah 150 gram. Panjangnya 20 cm dan lingkar buahnya 13 cm.

17. Pisang barangan
Pisang barangan di Filipina dikenal dengan nama pisang lakatan dan dimalaysia disebut pisang berangan. Pisang jenis ini sangat popular sebagai pisang meja. Berat rata-rat pertandan berkisar 12-20 kg terdiri dari 8-12 sisir. Setiap sisirnya terdiri dari 12-20 buah. Ukuran buahnya 12-18 cm dengan diameter 3-4 cm warna kulit buahnya kuning kemerahan dengan bintik-bintik cokelat. Warna daging buahnya agak oren rasanya enak dan aromanya harum.

18. Pisang raja
Pisang jenis ini tangkai buahnya terdiri atas 6 sisir yang masing-masing terdiri 15 buah. Berat 1 buah pisang sekitar 92 g dengan panjang 12-18 cm dan diameter 3,2 cm. bentuk buahnya melengkung dengan bagian pangkal bulat. Warna daging buahnya kuning kemerahan tanpa biji. Empulur buahnya nyata dengan tekstul kasar. Rasanya manis lama tanaman berbunga sejak anakan adalah 14bulan. Sedangkan buah masak 164 hari sesudah muncul bunga.

19. Pisang raja sere
Pisang raja sere dikenal sebagai pisang meja ukuran buahnya kecil dengan panjang buah 10-15 cm dan diameter 3-4 cm berat pertandan 10-14 kg, jumlah sisir 5-9, dan tiap sisir terdiri 12-16 buah. Pada waktu matang warna kulitnya kunig kecoklatan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Kulit buahnya tipis, warna daging buahnya putih, rasanya manis, dan aromanya harum.

20. Pisang raja tahun
Setiap tandanya yang 22.5 cm ini terdapat 4 sisir buah. Setiap sisir rata-rata terdapat 15 buah dengan panjang 11 cm, diameter 3,2 cm, berat 60 gr, dan tebal kulit buah 0.3 cm. bentuk buah lurus berpangkal membulat, daging buah berwarna kuning keputihan tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 14 bulan dan buah akan masak 5 bulan kemudian.

21. Pisang raja bulu
Pisang raja bulu tergolong sebagai buah yang dapat digunakan sebagai buah meja dan buah olahan. Daging buahnya agk tebal, rasanya manis, aromanya kuat. Pada waktu matang wartna kulit kuning berbintik-bintik cokelat. Warna daging putih kemerahan. Berat setiap tandannya 7-10 kg. terdiri dari 6-7 sisir, dan setiap sisirnya 10-15 buah. Panjang buahnya 25-35 cm dan diameterny 6-6,5 cm. konon pisang raja bulu yang dikukus dan dimakan dengan madu dapat menguatkan jantung.

22. Pisang ambon putih
Pisang ambon putih pada saat matang berwarna kuning keputihan dengan warna daging buah putih sampai putih kekuningan. Rasa daging buahnya manis sedikit asam dan aromanya kuat. Selain sebagai buah meja, pisang ambon digunakan sebagai makanan pada bayi. Berat tiap tandanya 15-25 kg terdiri dari 10-14 sisir. Setiap sisir terdiri dari 14-24 buah dengan panjang 15-20 cm dan diameter 3,5-4 cm.

23. Pisang nagka
Warna kulit pisang nangka saat matang adalah hijau. Rasa buahnya asam manis. Pisang jenis ini hanya digunakan untuk olahan. Berat per tandan 11-14 kg terdiri dari 6-8 sisir, dan tiap sisir terdiri dari 14-24 buah. Panjang buah 24-28 cm dengan diameter 3,5-4 cm.

24. Pisang raja jambe
Setiap tandan dari pisang ini terdiri atas 13 sisir. Bentuk buah lurus berpangkal bulat dengan berat 80 g. panjang buah sekitar 7,8 cm, diameter 7,8 cm dan tebal kulit buah 0,2 cm. daging buah berwarna putih kekuningan tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 17 bulan dan buahnya akan masak 5 bulan kemudian.

25. Pisang raja molo
Setiap tandan pisang yang panjangnya 43 cm ini terdapt 6 sisir buah. Setiap sisir terdapart 10-13 buah yang panjangnya 12 cm diameter 3,4 cm, dan berat 100 g. bentuk buah lurus tebal kulit buah 0,3 cm. daging buah berwarna kuning kewmerahan tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 17 bulan dan buah akan masak 5 bulan kemudian.

26. Pisang ambon lumut
Warna kulit buah pisang ambon lumut pada waktu matang hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Daging buahnya berwarna putih kemerahan dan lunak. Rasanya manis enak dan aromanya kuat. Berat per tandan mencapai 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-20 cm dengan diameter 3-3,5 cm.

27. Pisang badak
Pisang jenis ini memiliki tangkai buah sekitar 48,5 cm yang terdiri dari 7 sisir. Masing-masing sisir biasanya terdapat 27 buah dengan panjang 16 cm. bentuk pisang ini melengkung dengan daging buah putih kekuningan, tidak berbiji, dan rasanya manis dengan tebal kulit 0,3 cm. Berat buah per buah sekitar 75 gram. Umur tanaman dari anakan sampai berbunga adalah 12 bulan dan lama buah masak sekitar 140 hari.

28. Pisang camar abang
Pisang jenis ini memiliki tangkai buah yang panjangnya 37 cm terdiri atas 5 sisir. Tiap sisir terdiri atas 15 buah yang masing-masing beratnya sekitar 75 gram dengan panjang 14,5 cm dan diameter 4,8 cm. bentuk buah yang melengkung dengan pangkal bulat diselimuti kulit tebal 0,5 cm. warna daging buahnya kuning tanpa biji. Dari anakan sampai berbunga perlu waktu 14 bulan. Sedangkan dari saat berbunga hingga matang perlu waktu 5 bulan.

29. Pisang camar putih
Panjang tangkai buah pisang jenis ini sekitar 38 cm terdiri atas 6 sisir. Tiap sisir terdapat 15 buah yang beratnya sekitar 75 gram. Buah yang berbentuk lurus dengan pangkal buah bulat ini memiliki panjang sekitar 15 cm dan diameter 4,9 cm. warna daging buahnya kuning keputihan dan tidak berbiji dilapisi kulit setebal 0,4 cm. umur tanaman dari anakan hingga berbunga adalah 13 bulan, sedang dari saat berbunga hingga buah masak perlu 5 bulan.

30. Pisang barly
Pisang jenis ini memiliki tangkai buah yang panjangnya 27,1 cm terdiri atas 6 sisir. Tiap sisir rata-rata berisi 15 buah yang berbentuk lurus dengan pangkal bulat. Panjang buah sekitar 10 cm berdiameter 3cm. daging buah berwarna kuning tidak berbiji diselimuti kulit buah setebal 0,2 cm dengan berat buah sekitar 39 gram. Tanaman berbunga saat umur 14 bulan dari anakan dan buahnya masak sekitar 5,5 bulan dari saat berbunga.

31. Pisang brintu
Panjang tangkai buahnya 43 cm terdiri atas 7 sisir. Tiap sisir rata-rata 16 buah yang panjangnya 11 cm dengan diameter 53 cm. Berat tiap buah rata-rata 120 gram dengan bentuk lurus. Daging buah yang berwarna kuning tidak berbiji diselimuti kulit setebal 0,2 cm. Tanaman berbunga saat umur 11 bulan dan buahnya masak setelah 4,5 bulan dari saat berbunga.

32. Pisang rayap
Setiap tandan yang panjangnya 25 sm ini terdapat 6 sisir buah. Setiap sisir rata-rata terdapat 13 buah dengan panjang 9 cm, diameter 3 cm, berat 81 gr, dan tebal kulit 0,2 cm. bentuk buah lurus. Daging buah berwarna kuning muda tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 12 bulan dan buah akan matang 4 bulan kemudian.

33. Pisang salah roso
Setiap tandan yang panjangnya 23 cm ini terdapat 8 sisir buah. Setiap sisir rata-rata terdapat 10 buah dengan panjang 10 cm, diameter 3,5 cm, berat 90 gr, dan tebal kulit 0,3 cm. Bentuk buah lurus. Daging buah berwarna putih kekuningan tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 14 bulan dan buah akan masak 5 bulan kemudian.

34. Pisang sembat
Pisang tandan yang panjangnya 52 cm ini terdapat 9 sisir buah. Setiap sisir terdapat 13 buah dengan panjang 15 cm, diameter 4,3 cm, berat 120 gr, tebal kulit 0,2 cm. bentuk buah lurus. Daging buah berwarna kuning tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 13 bulan dan buah akan bias masak 4 bulan kemudian.

35. Pisang kawisto
Pada setiap tandan pisang ini biasanya terdapat 8 sisir. Masing-masing sisir terdiri dari 12 buah dengan tiap buah sekitar 100 gram. Panjang buah 11 cm dengan diameter 3,2 cm. bentuk buah lurus berpangkal bulat. Daging buah berwarna keputihan tanpa biji dan dilapisi kulit setebal 0,3 cm. umur tanaman hingga berbunga 14 bulan dan buah masak 5 bulan kemudian.

36. Pisang sawo awu
Setiap tandan yang panjangnya sekitar 33 cm ini terdapat 4 sisir buah. Setiap sisir rata-rata terdapat 8 buah dengan panjang 13,2 cm, diameter 3,9 cm, dan berat 10 gram. Bentuk buah lurus. Daging buah berwarna putih kekuningan tanpa biji. Umur tanaman hingga berbunga 16 bulan dan buah akan masak 5,5 bulan kemudian.

37. Pisang cici
Pisang ini biasanya terdapat 6 sisir per tandanya. Masing-masing sisir terdiri dari 12 buah dengan berat tiap buah sekitar 40 gram. Panjang buah 12 cm dengan berat tiap buah sekitar 40 gram. Panjang buah 12 cm dan diameternya 2,4 cm. bentuk buahnya lurus dengan pangkal bulat. Kulit buah setebal 0,2 cm melapisi daging buah berwarna krem tanpa biji. Sejak anakan sampai berbunga diperlukan waktu sekitar 12 bulan dengan lama buah masak sejak berbunga adalah 3,5 bulan.

38. Pisang empat puluh hari
Tangkai buah pisang ini biasanya sepanjang 31,4 cm terdiri 8 sisir. Tiap sisir terdiri atas 13 buah yang rata-rata beratnya sekitar 35 gram. Bentuk buahnya melengkung dengan pangkal buah bulat. Warna daging kuning tanpa biji dilapisi kulit setebal 0,2 cm. umur tanaman dari anakan sampai berbunga 14 bulan, sedang lama buah masak dari saat berbunga 4,5 bulan.

39. Pisang graito
Pisang jenis ini dalam satu tandan terdiri atas 4 sisir. Tiap sisir berjumlah 11 buah yang rata-rata panjangnya 16 cm dan diameter 3,5 cm ini bentuknya lurus dengan pangkal bulat. Daging buahnya putih kekuningan tanpa biji dilapisi kulit setebal 0,4 cm. umur tanaman sejak anakan sampai berbunga 12 bulan, sedang lamanya buah matang dari saat berbunga adalah 4,5 bulan.

40. Pisang masan
Pisang jenis ini memiliki tangkai buah dengan panjang 39 cm terdiri 6 sisir. Tiap sisir rata-rata berjumlah 15 buah yang berbentuk lurus dengan pangkal bulat. Panjang buah berkisar 14-18 cm dan berdiameter 3,5 cm. warna daging buahnya kuning pasa saat masak, tanpa biji, dan diselimuti kulit setebal 0,35 cm. umur tanaman berbunga sekitar 14 bulan dari anakan. Lama buah masak dari saat berbunga sekitar 140-150 hari.

bersama ini pula kami sertakan perbandingan beberapa jenis pisang berdasarkan warna kulit - warna daging - rasa dan kegunaannya.

Varietas

Warna kulit

Warna daging

Rasa

kegunaan

Kapok

Kapas

Raja bulu

Raja sore

Ambon hijau

Ambon lumut

Ambon putih

Tanduk

Badak

Lampung

Nangka

Hijau kuning

Hijau bintik

kehitaman

Kuning bintik

hitam

kuning bintik

hijau kuning

hijau

kuning muda

kuning merah

bintik cokelat

hijau kuning

kuning

hijau

Kuning merah

Putih kuning

Putih merah

Putih merah

Kuning merah

Putih merah

Kuning merah

Kuning merah

Putih kuning

Putih kuning

putih

Manis

Manis

Manis

Manis

Manis

Manis

Manis

Manis

Manis

Manis

asam

Olahan

Olahan

Buah/olahan

Buah

Buah

Buah

Buah

Olahan

Buah

Buah

Olahan

 

Salam

Dwi Hartoyo,SP

REFERENSI
http://balitbu.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=124:varietas-unggul-pisang&Itemid=28
http://radenbeletz.blogdetik.com/jenis-jenis-pisang-di-indonesia/
http://foragri.blogsome.com/kebun-pisang-multi-varietas-dan-multi-kultur/