Translate :
 
 
 
 
 
 
 

TES KECEPATAN WEBSITE / BLOG ANDA &
TES KECEPATAN INTERNET ( ISP ) ANDA

 

1. TEST KECEPATAN WEBSITE ATAU BLOG
Kecepatan akses suatu blog merupakan faktor yang sangat penting bagi suatu blog atau situs. Apalagi jika blog tersebut ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka kecepatan akses blog perlu mendapat perhatian khusus. Kecepatan website atau blog saat diakses menjadi salah satu faktor penting, bukan saja demi kenyamanan pengunjung, namun juga bagi search engine. Sebab, itu Google juga memasukkan kecepatan akses website sebagai salah satu faktor dalam ranking di Google. Bagi pengunjung sendiri, jelas, pengunjung pun tak ingin berlama-lama menantikan web anda terbuka. Semakin lama web anda terbuka, semakin cepat kemungkinan pengunjung “minggat” dari web anda.
Untuk itulah, saat anda membuat website penting diperhatikan agar waktu akses situs anda cepat. Semakin web anda bertele-tele, semakin besar kemungkinan mereka tidak akan pernah kembali mengunjungi website anda.

Jangan sampai karena ingin mementingkan konten blog yang padat lantas memberatkan aksesnya yang akan membuat pengunjung kabur sebelum blog terbuka sempurna apalagi jika pengunjung menggunakan warnet yang mana waktu berarti membayar. Salah satu yang dapat memberatkan akses blog yaitu terlalu banyak memasang plugin, widget, gambar, javascript, background dll. Sebaiknya tidak usah berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhannya saja.

Nah cara untuk mengukur sejauh mana kecepatan akses dari blog dan situs anda salah satunya yaitu dengan menggunakan layanan pingdom tools. Layanan ini akan mengetes loading halaman HTML blog dan situs anda termasuk semua objek yang ada termasuk gambar, javascript, RSS, flash dan frames/iframes

a. Tool pertama adalah alat tes kecepatan web dari Google.
Caranya amat mudah. Anda tinggal masukkan url web atau blog anda anda pada kotak yang tersedia. Lalu klik “Analyze”. Bentuk dan tampilannya dapat anda kunjungi situs google seperti yang kami maksud dengan klik disini

Nah, selanjutnya anda tinggal perlu melakukan optimasi web sesuai dengan rekomendasi yang diberikan. Setelah mencoba tes kecepatan loading blog ini menggunakan page speed online google ternyata hasilnya saya hanya mendapatkan angka 89 dari 100 (semakin tinggi semakin bagus).

b. Tool kedua adalah alat test kecepatan web dari webpagetest.
Tool yang tak kalah bagusnya untuk mengecek kecepatan suatu website di internet adalah web page test.
Sama seperti sebelumnya, anda tinggal masukkan URL website atau blog anda. Tapi selain itu, anda juga bisa pilih lokasi tes dan browser, serta koneksi internet, dan lainnya. lalu klik “start test”.

untuk melakukan test kecepatan terhadap website atau blog anda silahkan klik disini

c. Tool ketiga adalah alat test kecepatan website dari iwebtool.
Tidak banyak informasi yang kita peroleh dari Tool ini selain hanya menunjukkan kecepatan sebuah Website. Tool yang kami maksud dapat anda coba dengan klik disini

 

2. TEST KECEPATAN AKSESS INTERNET ANDA
Anda pernah mengalami surfing di warnet yang kecepatannya seperti kura-kura? Lelet banget! Atau, Anda pernah merasakan internetan di rumah menggunakan modem HSDPA atau EVDO dengan paket kecepatan 3 Mbps tetapi membuka e-mail saja lambat. Jika anda merasakan bahwa kecepatan internet anda kian hari kian lambat, langlah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan benchmark dengan memanfaatkan jasa internet speed test site. Internet Speed Test akan memberikan data yang seakurat mungkin tentang berapa besar bandwith yang tersedia untuk akses internet anda.

Meskipun anda menggunakan akses broadband atau 3G atau Dial Up sekalipun, internet speed test akan membantu anda untuk mengetahui apakah benar anda mendapatkan kecepatan maksimal seperti yang dijanjikan oleh ISP atau operator anda? Jangan sampai di iklan ditulis anda bisa mendapatkan kecepatan sampai 512 Kbps, tapi kenyataannya kecepatan internet anda justru hanya 128 Kbps saja.

Kecepatan akses internet ada 2 yaitu Kecepatan Download dan Kecepatan Upload. Kecepatan Download merupakan kecepatan saat kita mengambil data dari server data internet (letak situs tertentu) ke komputer kita, seperti saat kita masuk ke google, browsing, buka2 web, buka2 hosting dsb yang berkaitan dengan pengambilan data. Yang kedua yaitu Kecepatan Upload. Kecepatan Upload merupakan kecepatan saat kita mengirimkan data dari komputer kita ke server. Data tersebut dapat berupa perintah ataupun pengiriman file.

Jadi saat kita Browsing dan membuka halaman Web secara tidak langsung kita sudah melakukan Upload dan Download (Sent dan Received) data, hanya perbandingan data yang kita Download jauh lebih besar daripada data yang kita Upload karena data yang kita upload terbatas pada perintah saja. Seperti saat kita mengetikkan kata kunci pada Browser dan menekan Enter sebenarnya saat itu kita juga sedang melakukan Upload.

Keduanya baik Download maupun Upload memiliki satuan kecepatan transfer data berupa kilo bit per seconds (kbps) atau kilo Bytes per seconds (kBps). Perhatikan perbedaan antara bps dan Bps. b kecil dan B besar. b kecil artinya bit (satuan biner yaitu 0 atau 1 digital). Sedangkan B besar adalah kumpulan bit (satuan data biner yg mewakili satu karakter) yang besarnya 1 B (1 Byte) adalah 8 bit. Sehingga untuk mengubah kbps menjadi kBps, nilai kbps harus kita bagi 8.

  1. 1 bit adalah satuan biner berupa 1 digital atau 0 digital (dalam besaran listriknya 1 diwakili oleh 5 volt dan 0 diwakili 0 volt).
  2. 1 Byte adalah 8 bit. Sebagai contoh : 10100011 adalah 1 Byte data
  3. 1 kilo bit dalam istilah biner yaitu sebanyak 1024 bit atau 128 Bytes data
  4. 1 kilo Bytes berarti sama dengan 1024 Bytes data

Untuk melakukan test terhadap kecepatan akses internet, Anda bisa memanfaatkan jasa-jasa website berikut ini yang memang hadir untuk satu tujuan “Internet Speed Test”

1. Speedtest.net
Inilah salah satu internet speed test terbaik yang ada di muka bumi ini. Dengan berbagai pilihan lokasi yang tersedia, anda bisa leluasa melakukan test kecepatan internet anda. Hebatnya lagi, layanan speed test ini gratis bahkan tidak hanya itu, di Speedtest.net disediakan menu log untuk mencatat test-test yang pernah anda lakukan, bila itu belum juga cukup, anda bisa mengirimkan hasil test internet anda ke teman atau sahabat anda sehingga mereka bisa tahu berapa kecepatan internet anda. .

2. AuditmyPC.com
Satu lagi yang terbaik untuk menguji kecepatan internet anda adalah AuditmyPC. Dengan AuditmyPC.com anda bisa mengetest kecepatan download maupun upload dari koneksi internet anda. Tidak hanya itu AuditmyPC juga menyediakan layanan untuk mengetes kinerja dari Firewall anda, apakah efektif atau tidak.

3. Bm. Speed.net.id

4. www.speedtest.indosatm2.com

5. www.sijiwae.net/speedtest
http://www.sijiwae.net/speedtest : speedtest ini miliknya Telkom.Tbk dan kelihatannya sangat akurat utk Tes Kecepatan Internet yang terkoneksi Telkom Speedy dan Telkomnet Instant yang menggunakan koneksi kabel. Maklum karena termasuk jaringan internal Telkom sendiri. Utk test koneksi wireless dan air-card modem.

6. www.speedtest.linkstar.co.id

7. www.speakeasy.net/speedtest

8. www.beelinebandwidthtest.com

9. www.dslreports.com/speedtest

10 www.bandwidthtest.co.uk

11.Speed test melalui provider/ISP
Para penyedia jasa internet, seperti Telkom, Indosat, Smart, dan sejenisnya biasanya menyediakan link di situsnya untuk melakukan tes speed. Misalnya, 
" www.speedtest.telkomspeedy.com
" www.mobile-8.com/speedtest

12. Download Software Speedtest Free
Selain dengan Speedtest Online seperti di atas dapat juga dengan Software Speedtest. Berikut ini Software praktis yang dapat digunakan untuk mengetahui Bandwidth/Kecepatan Koneksi Internet Anda dengan Sangat Akurat. Dengan software ini Anda dapat memilih dengan Server mana Anda akan melakukan Test Koneksi.

Mungkin Anda (khususnya yang menggunakan koneksi Wireless/Aircard Modem) bisa mencoba situs2 lain yang menyediakan jasa speedtest koneksi internet, tapi jangan sampai kita terlalu terpaku dengan hasil yang ditampilkan saat kita melakukan Tes Kecepatan Internet, tapi cobalah diamati dengan seksama dan bandingkan dengan saat kita browsing atau download file karena menurut saya kecepatan saat download file itulah kecepatan yang sebenarnya

 

Hal yang Mempengaruhi Kecepatan Internet
Anda bisa coba semua cara di atas untuk mengetahui kecepatan internet Anda. Silakan perhatikan berapa kecepatan yang Anda dapatkan, lalu bandingkan dengan paket internet yang Anda beli, apakah sama, berbeda sedikit, atau berbeda jauh. Kalau sama, tentu itu yang diharapkan, dan tidak perlu dipermasalahkan. Kalau berbeda sedikit, harap dimaklum, karena paket kecepatan internet yang Anda beli dari provider tidak akan sama 100% dengan yang Anda dapatkan secara riil di lapangan. Kondisinya kadang naik turun.

Harus diingat, kecepatan internet tidak saja ditentukan dari berapa paket kecepatan yang Anda beli, tetapi setidaknya bergantung dari 7 hal, yaitu: 

  1. Spesifikasi komputer yang digunakan.
  2. Paket internet yang Anda beli.
  3. Kondisi traffic (lalu lintas) jaringan.
  4. Jarak antara Anda dan server.
  5. Kondisi server itu sendiri.
  6. Kondisi sinyal (bila menggunakan akses internet wireless)
  7. Ukuran data yang di-download.

Jika akses internet lambat anda bisa mempercepat dengan cara merubah seting DNS.
Informasi lebih lanjut silahkan klik disini

 

Salam,

Dwi Hartoyo, SP