Translate :
 
 
 
 

 

 
 
 

PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA

 

Dunia teknologi dan internet berkembang sangat pesat di dunia, tak terkecuali Indonesia. Imbasnya, jumlah pengguna internet saat ini semakin besar dan bertambah terus setiap harinya.

"Dari 245 juta penduduk Indonesia, pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta orang," ungkap Budi, seperti dikutip dari Antara. Hal ini dikemukan oleh Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPP) Kemenkominfo Budi Setiawan.

Angka 55 juta pengguna ini berdasarkan data Desember 2011, berarti saat ini tentu jumlah sudah jauh di atas angka tersebut. Jumlah pengguna internet di Indonesia menguasai Asia sebesar 22,4 persen, setelah Jepang. Budi menyebutkan, Indonesia merupakan negara peringkat ketiga di Asia untuk jumlah pengguna internet. Sementara itu, ujar dia, berdasarkan penelitian Nielsen, Indonesia juga masuk sebagai pengguna perangkat mobile tertinggi sebanyak 48 persen, diikuti oleh Thailand dan Singapura.

Pertumbuhan Internet Indonesia Masuki Gelombang Kedua?
Around 50 milion internet users in Indonesia are potential market for e-commerce industry (ilustration)

Bahkan dari segi usia, lanjutnya, semakin banyak pengguna internet merupakan anak muda. "Mulai dari usia 15-20 tahun dan 10-14 tahun meningkat signifikan," ujar dia. Ia juga menambahkan, Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar untuk teknologi informasi komunikasi (TIK), sistem operasi, gaming, dan hardware (tablet, PC, dan laptop).

Berdasarkan data Kominfo April 2012, jumlah pengguna jejaring sosial di Indonesia juga besar. Setidaknya tercatat sebanyak 44,6 juta pengguna Facebook dan sebanyak 19,5 juta pengguna Twitter di Indonesia. "Indonesia menjadi negara kelima terbesar pengguna Twitter di bawah Inggris dan negara besar lainnya," ujar dia.

Pengguna Internet Indonesia Tembus 80 Juta di 2014
Surabaya - Dengan pengiriman Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) ke seluruh kecamatan di Indonesia, pemerintah berharap hingga akhir tahun 2014, pengguna internet di Indonesia bisa tembus 80 juta. Sementara hingga saat ini, netter Tanah Air baru mencapai 50 juta.

Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring, MPLIK yang kini tengah digenjot pengirimannya ke seluruh kecamatan hanya sebagai bentuk sosialisasi yang selanjutnya bisa dilanjutkan pihak swasta. "Pengguna internet sekarang 50 juta di seluruh Indonesia. Kita harapkan di 2014 meningkat sampai 80 juta, di antaranya MPLIK ini sebagai upaya sosialisasi kita terhadap masyarakat terhadap pentingnya informasi terkini. Karena inforomasi itu mencerdaskan," tuturnya kepada wartawan usai melepas pengiriman 64 MPLIK di Dermaga Ujung Koarmatim TNI AL, Selasa (7/8/2012).

Tifatul mencontohkan, seperti program desa berdering yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam program tersebut, Kominfo hanya membangun jaringan sebanyak 50%, sedangkan 50% sisanya dibangun oleh pihak swasta. "Sehingga coverage ponsel saat ini sudah 94% seluruh indonesia. Tapi kalau tertutup gunung atau gedung itu urusan lain lagi," ujarnya.Selain itu, politisi PKS ini juga mengungkapkan vendor yang memenangkan tender MPLIK, yakni PT Telkom, bisa menarik biaya Rp 1.000-Rp 3.000 dan diwajibkan memberikan pelatihan kepada masyarakat terhadap internet dan komputer yang semuanya juga tertuang dalam kontrak kerja. "Tapi saat saya meresmikan MPLIK di Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia itu, anak-anaknya sudah pada jago internetan. Tapi vendor tetap harus dan wajib memberikan pelatihan," pungkas Tifatul.

Indonesia memasuki potensi pertumbuhan Internet gelombang kedua dari peningkatan pengguna berusia dewasa dan pertumbuhan pengguna di sejumlah kota besar Indonesia, demikian hasil survei Yahoo! TNS Net Index. "Pertumbuhan itu bisa dilihat dari persentase pengguna Internet di usia 30 hingga 50 tahun sejak 2009 hingga 2012," kata Penasehat Klien Lembaga Riset TNS Indonesia, Jhoni Tuerah, dalam jumpa pers di Jakarta hari ini.

Riset kerjasama TNS dan Yahoo! itu menunjukkan pengguna internet usia 30 - 34 tahun mengalami peningkatan dari 2009 sebesar 16 persen menjadi 54 persen pada 2012. "Persentase pengguna internet berusia 35 hingga 39 tahun melonjak dari 13 persen pada 2009 ke 52 persen pada 2012," kata Jhoni.

Sedangkan pengguna Internet berusia 40 hingga 50 tahun pada 2009 sebesar sembilan persen menjadi 24 persen pada 2012. "Selain demografis, pertumbuhan Internet dari sisi geografis juga meningkat di tiga kota besar di Indonesia yaitu Semarang, Palembang, dan Makassar," kata Jhoni.

Sejak 2009 hingga 2012, pertumbuhan pengguna Internet di Semarang meningkat 28 persen, Palembang 38 persen, dan Makassar 43 persen. Survei Yahoo! Net Index melibatkan responden sebanyak 3.365 orang yang diambil dari media non-Internet dan 1.762 orang dari media Internet. Para responden berasal dari Jakarta, Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi (Bodetabek), Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar.

Indonesia Pengguna Internet Terbanyak ke-4 di Asia
Dengan semakin berkembangnya dunia internet saat ini sudah banyak sekali orang yang memakai teknologi internet ini, sekarang pengguna internet didunia sudah mencapai 2,267,233,742 pengguna. Statistik ini pengguna internet ini dihitung di situs www.internetworldstats.com, dari hasil statistik ini Benua Asia adalah pengguna internet terbanyak di Dunia. Berikut screenshotnya :

Statistik Pengguna Internet Asia

Statistik Pengguna Internet Asia

Jumlah Pengguna Internet Asia

Jumlah Pengguna Internet Asia

Data terakhir menunjukan Jumlah Pengguna Internet di Asia mencapai 1,016,799,076 pengguna. Sedangkan Negara dengan Pengguna Internet terbanyak di Asia disandang Negara China dengan jumlah pengguna 513,100,000 hasil penghitungan data pada 31 Desember 2011. Pengguna Internet terbanyak kedua adalah India dengan121,000,000 pengguna, ketiga disandang oleh Jepang dengan jumlah101,228,736 pengguna dan indonesia menduduki urutan ke-4 sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di Asia yang mencapai55,000,000 pengguna. Berikut Screenshotnya

Indonesia ke-4 Terbanyak di Asia

Indonesia ke-4 Terbanyak di Asia

Tabel Statistik Pengguna Internet Asia

Tabel Statistik Pengguna Internet Asia

 

Marketing.co.id- Yahoo! Inc melaporkan hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index ke-empat tentang studi inovatif mengenai perilaku pengguna internet yang juga menyajikan gambaran besar strategis mengenai pengguna internet di Indonesia.

Hasil Studi tersebut mengidentifikasi tren signifikan tentang perilaku pengguna internet di Indonesia.
Pertama, selama dua tahun terakhir, penggunaan telepon seluler (ponsel) di Indonesia menjadi penggerak utama pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia, dimana ponsel menjadi media kedua paling banyak digunakan (55%) setelah televisi (100%).

Kedua, pertumbuhan internet juga dikaitkan dengan bergesernya demografi dimana grup dengan usia yang relatif lebih tua (30-50 tahun) mulai ikut menggunakan internet di Indonesia.

Misalnya, penggunaan internet di kategori kalangan usia 35-39 tahun meningkat menjadi 52% tahun ini dari 13% empat tahun yang lalu. Pertumbuhan secara signifikan lebih tinggi terlihat di kota besar tingkat 2 seperti Semarang (43%), Palembang (64%) dan Makassar (59%) dimana pengguna mulai beralih ke internet mobile.

Ketiga, konten hiburan dan liburan, khususnya berita hiburan dan selebriti (40%), mengunggah dan mengunduh data musik (39%) menunjukkan pertumbuhan maksimal. Pencarian naik dari 70% tahun lalu menjadi 75% tahun ini, sebagian besar didorong oleh pengguna muda yang menggunakan internet untuk mencari gambar (76%), musik atau audio (43%) dan video (33%).

Hal yang menarik adalah penggunaan jejaring sosal malah menunjukan tidak banyak pergerakan di tahun 2012. Berkembangnya „sosialisasi selektif? yang menonjol pada hasil studi Net Index tahun lalu terus menguat dengan hampir setengah pengguna jejaring sosial mulai merasionalisasi jaringan dan grafik sosial mereka.

Yahoo! Net Index study merupakan studi tahunan yang diadakan bersama TNS, salah satu grup riset pasar terkemuka dunia. Studi ini menggabungkan metode serta teknik yang mapan dalam pemilihan sampel untuk memastikan representasi populasi yang menyeluruh.

Responden dipilih dengan menggunakan teknik multi-stage probability sampling. Sebanyak 3.365 responden dari survei media umum dan 1.762 responden dari survei internet media dari kota-kota besar termasuk Jakarta, Bodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta dan Denpasar ikut serta dalam survei ini. Penelitian lapangan dilakukan dari Desember 2011 sampai Januari 2012.

 

 

 

Salam,

Dwi Hartoyo, SP

REFERENSI
1. http://tekno.kompas.com/read/2012/11/01/1110452/Pengguna.Internet.di.Indonesia.Capai.55.Juta?utm_source= WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp
2. http://inet.detik.com/read/2012/08/07/185935/1985641/328/pengguna-internet-indonesia-tembus-80-juta-di-2014
3. http://lemburkuring.blogdetik.com/indonesia-pengguna-internet-terbanyak-ke-4-di-asia/
4. http://lemburkuring.blogdetik.com/indonesia-pengk-ke-4-di-asia/
5. http://www.marketing.co.id/blog/2012/06/27/tren-penggunaan-internet-di-indonesia/
6.http://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/12/10/31/mcr9uw-ada-55-juta-pengguna-internet-di-indonesia
7. http://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/12/06/26/m6817g-pertumbuhan-internet-indonesia-masuki-gelombang-kedua
8. http://www.internetworldstats.com/stats3.htm