Translate :
 
 
 
 
 
 
 

TRIK TRIK RAHASIA MENYELAMATKAN DATA ANDA

 

Ketika data penting kita tiba tiba hilang dan tidak diketahui keberadaannya apa yang harus kita lakukan. Sebagian orang akan bingung dan marah marah karena hilangnya data data di komputernya. Kerjaan beberapa hari - minggu hingga beberapa bulan tiba tiba hilang ? apalagi besok harus di presentasikan ....... wah ... kacau. Mau ngetik lagi sudah banyak yang lupa, mau di ketik ulang waktunya mepet dan jelas tidak akan rampung walaupun 24 jam harus dikerjakan non stop. Keadaan ini sudah banyak dirasakan oleh sebagaian besar orang yang banyak menggunakan komputer sebagai media atau sarana menuangkan ide-ide maupun tugas tugas. Perasaan serupa juga pernah kami alami. Tidak usah bingung ..... ada banyak jalan menuju ke roma itu kata pepatah. Ada banyak program yang bisa memunculkan kembali data data yang sudah terhapus bahkan data data yang terformatpun dapat kita munculkan kembali.

Sebelum melangkah lebih lanjut kami ingin menjelaskan mengapa data data kita bisa sampai hilang atau terhapus. Hilangnya data data dari driver banyak penyebabnya diantaranya adalah :

  1. Terhapusnya data baik disengaja atau tidak. Penghapusan tipe ini melalui perantaraan keyboard. Sengaja atau tidak data hilang karena kita menekan tombol "delete atau tombol BackSpace " atau tombol tombol lain melalui keyboard. Apabila hal ini yang terjadi anda bisa me Restore File yang terhapus tersebut melalui Recycle Bin.
  2. Hilangnya data karena tida lupa mengnyimpan /save aplikasi program. Biasanya setiap aplikasi akan menanyakan kepada kita apakah kita menyimpan perubahan data pada suatu file saat kita meninggalkan program aplikasi.
  3. Data hilang karena komputer tiba tiba mati. Matinya komputer ini bisa karena daya ( listrik yang mati ) mapun secara tidak sengaja kita menekan tombol Reset pada CPU.
  4. Windows / Linux atau program serupa di Instal ulang. Pada kasus ini biasanya data yang hilang adalah data data yang berada di directory / Drive C atau Drive tempat Windows / Linux berada. Untuk itu sebaiknya dalam menyimpan File jangan di My Dokuments yang notabane berada di Drive C. Tetapi simpanlah data di Drive D- E dan seterusnya. Dokuments C usahakan hanya untuk program program aplikasi saja.
  5. Data hilang karena terkena Virus atau data yang kita kerjakan mengandung Virus. Dalam kasus ini sebenarnya bukan Virus penyebabnya tetapi Anti Virus yang melakukannya. Program Anti Virus yang ada pada saat ini sebagian besar melakukan remove atau delete file yang terbaca oleh Anti Virus mengandung Virus. Yang membuat data hilang bukan virus penyebabnya tetapi karena ulah dari anti virus. Umumnya anti Virus yang cara memperolehnya dengan program Free. Dan bisanya untuk program program Anti Virus yang berbayar akan menyediakan fasilitas yang dapat membersihkan virus bukan mengdelete file.

Pada umumnya hilangnya file atau data kita karena kerja Anti Virus yang menghapus atau mendelete file yang dibaca mengandung virus oleh anti Virus. Untuk itu kami menyarankan gunakan program anti virus yang berbayar karena biasanya perusahaan penyedian program anti virus menyediakan menu untuk membersihkan virus dari file yang dibaca oleh anti virus sebagai virus.
Apabila kita mencarinya di seluruh directory yang ada di komputer kita itu sama saja seperti mencari jarum diantara tumpukan jerapi atau mencari koin yang jatuh di tengah lautan luas. Suatu pekerjaan yang membosankan dan melelahkan dan untung untungan ( keberuntungan ).

Setelah mengetahui beberapa penyebab hilangnya data maka sekarang kami akan menjelaskan program yang bisa digunakan untuk memunculkan kembali data data yang hilang bahkan data yang terformatpun dapat muncul. Ini berdasarkan pengalaman kami sendiri. Tetapi perlu di ketahui bahwa tidak hanya data data yang hilang yang muncul tetapi virus virusnyapun juga muncul ( data ). Ada banyak program, program program yang pernah kami coba adalah Easy Recovery , File Scavenger Data Recovery dan beberapa program yang lain seperti VirtualLab Data Recovery " VirtualLab Data Recovery" ; "R-Studio Data Recovery" ; " Recover Files"; " Data Recovery ". Tetapi pada postingan ini kami ingin menjelaskan mengenai Program File Scavenger Data Recovery sebagai program yang dapat menyelamatkan data anda yang hilang.

File Scavenger Data Recovery. Anda dapat memperoleh aplikasi tersebut dengan mendownloadnya melalui situs situs penyedia program tersebut. Anda bisa mencarinya di Paman Google dengan Keyword : File Scavenger Data Recovery. Diantaranya Program tersebut dapat anda peroleh melalui situs : http://www.quetek.com/ dengan kapasitas sebesar 1,56 MB. atau bisa juga melalui situs :
http://download.cnet.com/windows/3055-2094_4-10028488.html?tag=pdl-redir
Banyak situs penyedia program File Scavenger Data Recovery. Pada kesempatan ini kami tidak bermaksud untuk menjelaskan data situs situs penyedia program ini karena dengan mencarinya di Google sudah dapat ditemukan. Pada postingan ini kami akan mengukas lebih dalam mengenai program File Scavenger Data Recovery sebagai program penyelamat data anda, diberikan trik trik selengkapnya untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Recovery Format File Tertentu

Untuk melakukan recovery pada file berformat tertentu, lakukanlah
langkah-langkah berikut ini.
1. Pada Tab Step 1 Search, pilihlah format file yang hendak direcovery pada kolom Search For.
2. Selanjutnya tentukan lokasi pencariannya pada kolom Look In.
3. Sesudah itu pilihlah mode Quick pada kolom Mode.
4. Lantas klik tombol Search untuk memulai pencarian file dengan format yang telah Anda tentukan.

gambar 001 memilih tombol search

5. Jika file-file tersebut telah ditemukan, bukalah Tab Step 2: Recover.
6. Kemudian seleksilah masing-masing file hasil temuan sehingga tercentang.

gambar 002 Menyeleksi File Hasil Pencarian

7. Lantas klik tombol Browse.

Gambar 003 Memilih Tombol Browse

8. Tentukan lokasi penyimpanan file-file tersebut pada kotak dialog Browse for Folder. Pastikan Anda memilih lokasi folder pada drive yang berbeda dengan lokasi drive asal file yang akan direcovery tersebut.

Gambar 004 Memilih Folder Penyimpanan

9. Jika sudah, klik tombol OK.
10. Kembali ke jendela File Scavenger, klik tombol Recover .
11. Tunggulah beberapa saat hingga proses recovery tersebut selesai dilakukan. Pada kotak konfirmasi yang muncul kemudian, klik tombol OK.

gambar 006 Tampilan Kotak Konfirmasi Keberhasilan Proses Recover

Memilih Mode dengan Tepat

Pada aplikasi File Scavenger, terdapat dua mode pencarian, yakni mode Quick dan mode Long. Untuk memilih mode yang tepat pada situasi yang Anda hadapi, ikutilah penjelasan tentang masing-masing mode tersebut berikut ini.
a. Mode Quick
Mode ini bekerja dengan cepat, namun hanya terbatas pada keadaan tertentu saja. Mode ini cocok digunakan dalam proses recover untuk file yang terhapus karena adanya virus atau pada saat perbaikan RAID.
b. Mode Long
Mode ini bisa digunakan pada drive yang telah diformat ulang atau dipartisi ulang. Mode ini akan menelusuri setiap sector pada drive karena itulah akan memakan waktu yang lama. Pada suatu keadaan tertentu sebuah file mungkin saja akan ditemukan tanpa keterangan folder aslinya atau bahkan tanpa nama. File tersebut akan tertera dengan nama seperti contoh berikut: Unknown000001.xls

Maaf sampai disini dulu nanti kami lanjutkan membahasnya di postingan kami selanjutnya .......

File terkait

  1. Membuat Backup File pada Sebuah Drive menggunakan File Scavenger Data Recovery
  2. Pencarian File Berdasarkan Nama menggunakan File Scavenger Data Recovery
  3. Melihat Folder Lokasi Asal File menggunakan File Scavenger Data Recovery
  4. Melihat Informasi Detail Sebuah File menggunakan File Scavenger Data Recovery
  5. Melihat Informasi Sebuah Folder menggunakan File Scavenger Data Recovery

 

 

 

Salam

Dwi Hartoyo,SP