Translate :
 
 
 
 

 

 
 
 

DANAU

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.
Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, "ice cap" atau gletser, es ini menutupi aliran air keluar danau.

Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, di mana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan. Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro, rekreasi (berenang, selancar angin, dll), persediaan air, dll.
Finlandia dikenal sebagai "Tanah Seribu Danau" dan Minnesota dikenal sebagai "Tanah Sepuluh Ribu Danau". Great Lakes di Amerika Utara juga memiliki asal dari zaman es. Sekitar 60% danau dunia terletak di Kanada; ini dikarenakan sistem pengaliran kacau yang mendominasi negara ini.

Di bulan ada wilayah gelap berbasal, mirip mare bulan tetapi lebih kecil, yang disebut lacus (dari bahasa Latin yang berarti "danau"). Mereka diperkirakan oleh para astronom sebagai danau.

Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan :

  1. danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan
  2. danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi
  3. danau tektovulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme
  4. danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi
  5. danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur
  6. danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air
  7. danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia

Danau adalah ceruk atau cekungan pada permukaan bumi yang berisi air. Danau yang luas kadang kala dinamakan laut: misalnya Laut Kaspia dan Laut Aral. Ada banyak sekali tipe danau, dan umumnya dikelompokkan menurut asal usulnya. Sejumlah besar danau di dunia terbentuk oleh gletser dan lembaran es. Beberapa danau terbentuk oleh angin atau air hujan, sedang lainnya aleh gerakan bumi atau kegiatan vulkanik.Danau itu sangat berbeda-beda ukuran dan dalamnya, tergantung pada cara terbentuknya.

  • Danau Toba merupakan contoh danau kaldera
  • Laut Galilea merupakan contoh danau bendungan lava
  • Danau Tofutsu (Jepang) adalah danau delta
  • Danau kawah di Oregon merupakan contoh danau kawah

Danau yang disebabkan oleh kegiatan vulkanik
Danau kaldera terbentuk bila di dalam kaldera atau bagian tengah gunung berapi yang runtuh terkumpul air. Danau ini umumnya bulat dan dalam. Danau Toba di Sumatera adalah suatu danau kaldera.
Danau kawah terbentuk bila dalam kawah, atau lubang bulat mirip corong di puncak gunung berapi terkumpul air. Contohnya ialah danau kawah di Oregon ( Amerika Serikat ).
Danau bendungan lava terbentuk bila aliran lava gunung berapi menyumbat lembah sungai dan menyebabkan terbentuknya danau. Contohnya adalah Laut Galilea di Timur Tengah.

Danau yang disebabkan oleh pengikisan
Danau gletser terbentuk bila gletser dan lembaran es mengeruk permukaan bumi dan membentuk ceruk. Kemudian ceruk ini terisi air dan membentuk danau. Contohnya ialah Danau Leman (Swiss dan Perancis).
Danau Lekukan gurun terbentuk di daerah kering tempat angin menghasilkan lekukan. Bila dasar lekuk tersebut mencapai muka air tanah, maka terbentuklah sebuah danau. Contohnya ialah oase gurun di seluruh dunia.

Danau yang dihasilkan oleh sungai dan laut
Danau tapal kuda dihasilkan bila sungai yang berkelok-kelok melintasi daratan mengambil jalan pintas dan meninggalkan potongan-potongan yang akhirnya membentuk danau tapal kuda.
Danau delta terbentuk di sepanjang pantai yang arus pantainya mengendapkan pasir dan membentuk gosong pasir. Akhirnya, gosong pasir itu sama sekali memisahkan sebagian kecil laut, dan dengan demikian membentuk laguna. Delta-delta terbesar di dunia mempunyai danau delta atau laguna.

Danau yang dihasilkan oleh gerakan bumi
Danau sesar terjadi jika persesaran di kerak bumi, maka terbentuklah lekukan atau lembah retak yang kemudian dapat menjadi danau. Contonya ialah Danau Malawi di Lembah Retakan Afrika Timur.

Danau terkenal
Danau Toba di Sumatra, Indonesia.

  • Danau terbesar di dunia adalah Laut Kaspia. Dengan luas permukaan 394.299 km², ia memiliki wilayah yang lebih besar dari enam danau terbesar berikut digabungkan menjadi satu.
  • Danau air tawar terbesar, dan kedua terbesar adalah Danau Superior dengan luas permukaan 82.414 km².
  • Danau terdalam adalah Danau Baikal di Siberia, dengan kedalaman 1.741 meter (5.712 kaki).
  • Danau tertinggi yang dapat dinavigasi adalah Danau Titicaca, pada ketinggian 3.821 m di atas permukaan laut. Dia juga merupakan danau terbesar kedua di Amerika Selatan.
  • Danau terendah di dunia adalah Laut Mati, pada 396 m (1.302 kaki) di bawah permukaan laut. Dia juga merupakan danau yang memiliki konsentrasi garam paling tinggi.
  • Pulau terbesar di tengah danau air tawar adalah Pulau Manitoulin di Danau Huron, dengan luas permukaan 2.766 km².
  • Danau terbesar yang terletak di pulau adalah Danau Nettiling di Pulau Baffin.
  • Danau Toba di pulau Sumatra kemungkinan terletak di kawah gunung berapi pasif terbesar di dunia.

Danau Terdalam Di Dunia
Air yang jernih mungkin sudah jadi panorama yang biasa. Tapi, 5 danau di berbagai belahan dunia ini, berhasil menghipnotis wisatawan dengan panorama aneh yang dimilikinya. Mulai dari yang bisa berubah warna, memiliki corak polkadot, sampai punya pulau-pulau yang bisa bergerak sendiri.

1. Danau kembar 16 di Kroasia

Mungkin Anda sudah pernah mendengar danau kembar tiga di Indonesia. Ternyata ada pula danau kembar 16 yang terkenal dengan nama Plitvice Lakes. Danau yang berada di Plitvice Lakes National Park ini pun terlihat aneh dengan bentuk yang saling berkaitan satu sama lain.

Seperti yang dilansir dari situs World Heritage Convention UNESCO, di lokasi ini ada 16 danau yang saling terkait antara Gunung Mala Kapela dan Gunung Pljesevica. Danau ini pun terbagi menjadi dua kelompok yaitu danau atas dan bawah. Posisinya pun berurutan mulai dari ketinggian 636 m sampai 502 m.

Uniknya, Plitvice Lakes juga dihiasi dengan puluhan air terjun, dan tebing-tebing batu di sekelilingnya pun menjadi pemisah yang mempertegas keelokannya. Selain itu panorama di danau ini semakin aneh dengan perubahan warna air danaunya. Air di danau yang masuk dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO ini, punya warna yang khas, mulai dari biru kehijauan sampai biru.

Di destinasi ini, wisatawan bisa melihat danau cantik dengan panorama unik yang berpadu dengan air terjun dan hutan. Wisatawan bisa menikmati seluruh keanehan danau ini dari dekat dengan melewati jembatan kayu yang ada di area Plitvice Lakes.


2. Danau Linow, danau yang bisa berubah warna di Sulawesi Utara

Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara punya danau dengan keindahan alam yang memukau. Satu yang membuat danau ini terlihat aneh adalah ketika airnya bisa berubah warna.

Warna air Danau Linow ini bisa berubah dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan danau ini mengandung kadar belerang yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, perubahan warna ini juga disebabkan oleh kadar cahaya matahari yang mengenai permukaan danau.

Oleh karena itu, tidak heran bila danau ini bisa menarik perhatian wisatawan. Mereka penasaran ingin melihat langsung perubahan warna yang terjadi pada Danau Linow. Sejauh mata memandang, danau ini bisa terlihat biru kemudian berubah menjadi hijau, atau menimbulkan gradasi warna yang sangat cantik. Untuk bisa masuk ke kawasan Danau Linow, traveler harus membayar tiket seharga Rp 25.000. Bila Anda sudah masuk ke area danau, harus berhati-hati dengan kubangan lumpur panas yang ada di tepi danau!

 

3. Danau Milkshake Strawberry di Senegal 
Kalau secara umum air danau berwarna biru jernih, beda dengan Danau Lac Rose Retba. Danau yang berada di utara Semenanjung Cap Vert, Kota Dakar, Senegal ini, memiliki air berwarna merah muda seperti milkshake strawberry.

Anehnya, tidak hanya berwarna pink ada kalanya danau ini berwarna ungu, kemudian menjadi ungu muda sampai merah muda. Seperti yang ditulis situs Amusing Planet, banyak wisatawan yang penasaran dengan danau seluas 3 km persegi ini. Ternyata, warna Danau Lac Rose Retba berasal dari mikroorganisme yang terkandung di dalamnya, merah.

Danau Lac Rose Retba menghasilkan warna paling cantik yaitu merah jambu saat musim kemarau. Saat itu, mikroorganisme di dalam danau menyerap, dan menggunakan cahaya Matahari untuk menghasilkan pigmen merah. Saat itulah Danau Lac Rose Retba berubah bagaikan kolam milkshake strawberry raksasa.

Keanehan danau ini tak berhenti di situ saja. Danau ini ternyata mirip laut mati yang ada di Yordania. Turis yang datang bisa berenang tanpa harus repot mengayuh kaki dan tangannya, karena Anda bisa langsung mengapung di atas permukaannya. Memang benar, Danau Lac Rose Retba mengandung garam sekitar 40%. Kandungan ini satu setengah kali lebih tinggi dari garam yang ada di Laut Mati.


4. Danau polkadot di Kanada

Berada di Osoyoos, Kanada, danau polkadot yang bernama Kliluk ini pun berhasil menyita perhatian wisatawan. Bagaimana tidak, permukaan danau ini punya corak yang tak biasa, yaitu lingkaran-lingkaran seperti polkadot.

Lingkaran-lingkaran itu terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam ini menumpuk dan membentuk suatu lingkaran, dengan air danau yang terlihat di bagian tengahnya. Tidak hanya satu, lingkaran garam ini pun hampir memenuhi seluruh permukaan danau.

Melihat keanehan Danau Kliluk, daerah ini pun mulai dipadati wisatawan yang penasaran. Selain itu, traveler yang datang ke danau ini juga punya tujuan untuk mengambil air danau untuk pengobatan kulit. Konon, kandungan mineral yang ada di Danau Kliluk bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

5. Danau dengan pulau-pulau yang bergerak sendiri di India
Kalau Danau Toba di Sumatera Utara punya Pulau Samosir di tengahnya, Provinsi Manipur, India juga punya Danau Loktak dengan gugusan pulau mungil berbentuk cincin. Anehnya, pulau-pulau ini berubah bentuk sesuai musim dan bergerak ke berbagai arah tergantung hembusan angin.

Gugusan pulau mungil yang memenuhi dua per tiga danau ini disebut Phumdi oleh masyarakat India. Melansir situs CN Traveler, Phumdi di Danau Loktak adalah satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Keberadaan Phumdi juga menguntungkan bagi upaya konservasi spesies rusa langka, warga lokal menyebutnya Sangai, yang hanya hidup di sekitar danau tersebut.

Meskipun bersifat nomaden dan bisa bergerak sendiri, bukan berarti Phumdi tak dihuni manusia. Phumdi terbesar yang bernama Khangpoks, dihuni sekitar 4.000 orang. Ada pondok-pondok mungil yang membuatnya mirip seperti pemukiman di Danau Titicaca, Peru

Danau Terbesar Di Indonesia
Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup saat memberikan sambutan di Konferensi Nasional Danau Indonesia I (Sanur, 13/08/2009), jumlah danau di Indonesia diperkirakan sebanyak 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ). Menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air.

Dari total jumlah tersebut, danau di Indonesia mampu menampung hingga 500 km3 air atau 72% dari total persediaan air permukaan di Indonesia. Daya tampung air yang cukup besar tersebut, danau menjadi andalan persediaan air untuk sektor pertanian, sumber air baku masyarakat, perikanan, PLTA, pariwisata dan lain sebagainya.

Daftar Danau Terbesar di Indonesia. Dari 1.575 danau besar dan kecil yang dipunyai Indonesia. Beberapa di antaranya mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga layak dianggap sebagai danau paling luas dan besar di Indonesia. Berikut adalah danau-danau terbesar di Indonesia dilihat dari luas permukaan, kedalaman, dan volume airnya.

  • Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba

Danau Toba (gambar wikipedia)

Danau Toba merupakan danau terbesar dan terluas di Indonesia, bahkan merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Pun menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan terdalam ke-15 di dunia. Berada di elevansi (ketinggian) 905 m, panjang danau Toba mencapai 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman mencapai 505 m pada titik terdalam mencapai. Luas permukaannya mencapai 1.130 km2 dengan volume air mencapai 240 km3. Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau toba memiliki keunikan dengan keberadaan pulau Somosir di tengahnya.

  • Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Lampung
Danau Ranau

Danau Ranau (gambar wikipedia)

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Indonesia (berdasarkan volume air). Danau vulkanik ini terletak di kabupaten lampung Barat (Lampung) dan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Sumatera Selatan). Berada diketinggian 540 meter, danau ini memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125.9 km2, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km3.

  • Danau Singkarak, Sumatera Barat
Danau Singkarak

Danau Singkarak (gambar: kompas)

Danau Singkarak merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah datar, Sumatera Barat berada di elevansi 362 m. Danau Singkarak mempunyai ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km2. Kedalaman maksimalnya mencapai 268 meter dengan volume air mencapai 16,1 km3.

  • Danau Towuti, Sulawesi Selatan
Danau Towuti
Danau Towuti (gambar; kompas)

Danau Towuti merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Luwu Timur. Dengan luas permukaannya mencapai 561 km2 mengukuhkannya sebagai danau terluas kedua di Indonesia. Berada di ketinggian 293 m, mempunyai kedalaman maksimal 203 m.

  • Danau Matano, Sulawesi Selatan
Danau Matano

Danau Matano (gambar: matano-sorowako.com)

Danau matano terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi danau yang paling dalam di Indonesia, bahkan berada diurutan ke-11 dalam daftar danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimal mencapai 590 meter. Letaknya berada di ketinggian 382 meter dpl dengan luas permukaan mencapai 164 km2.

  • Danau Maninjau, Sumatera Barat
Danau Maninjau

Danau maninjau (gambar: wikipedia)

Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Agam (Sumatera Barat) pada ketinggian 459 m. Ukurannya, panjang 16 km, lebar 7 km, luas permukaan 99,5 km2, kedalaman maksimal 165 m dengan volume air 10,4 km3.

  • Danau Poso, Sulawesi Tengah
Danau Poso

Danau Poso (gambar: wikipedia)

Danau Poso merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pada ketinggian 657 m. Ukurannya panjang 32 km, lebar 16 km, dan luar permukaan 323 km2. Kedalaman maksimal 450 m dengan volume air mencapai 0.216 km≥.

  • Danau Tempe, Sulawesi Selatan
Danau Tempe

Danau Tempe (gambar: wikipedia)

Danau Tempe yang terdapat di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dengan luas permukaan 350 km2 menjadi danau terluas kedua di Sulawesi. Sayang akibat sendimentasi, kedalamannya terus berkurang hingga kini tinggal sekitar 5 meter saja yang mengakibatkan volume air yang mampu ditampungnya pun semakin berkurang.

  • Danau Paniai, Papua
Danau Paniai

Danau Paniai (gambar: wikipedia)

Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Merupakan danau tektonik yang berada di ketinggian 1.742 m dpl dan mempunyai luas permukaan 195 km2 dengan kedalaman maksimal mencapai 50 meter.

Itulah kesembilan danau terbesar di Indonesia. Di lain kesempatan akan kami publish daftar danau terdalam dan daftar danau terluas di Indonesia dalam artikel tersendiri.

 

Salam,

Dwi Hartoyo, SP

REFERENSI
1. http://data-hitam.blogspot.com/2012/11/5-danau-terdalam-di-dunia.html
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Danau
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_danau_di_Indonesia
4. http://alam.leoniko.or.id/danau.htm
5. http://alamendah.wordpress.com/2012/08/27/danau-danau-terbesar-di-indonesia/